PENGANTAR MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

PENGANTAR MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

A.    PENGERTIAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
Manejemen Sumber Daya Manusia disingkat MSDM, adalah suatu ilmu atau bagaimana mengatur hubungan para peranan para sumber daya ( tenaga kerja ) yang dimiliki oleh individu secara efektif dan efisien serta dapat digunakan secara maksimal sehingga mencapai tujuan bersama perusahaan.

B.     TUJUAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
Tujuan-tujuan MSDM terdiri dari empat tujuan, yaitu :
1. Tujuan Organisasional
Ditujukan untuk dapat mengenali keberadaan manajemen sumber daya manusia (MSDM) dalam memberikan kontribusi pada pencapaian efektivitas organisasi. Walaupun secara formal suatu departemen sumber daya manusia diciptakan untuk dapat membantu para manajer, namun demikian para manajer tetap bertanggung jawab terhadap kinerja karyawan. Departemen sumber daya manusia membantu para manajer dalam menangani hal-hal yang berhubungan dengan sumber daya manusia.
2. Tujuan Fungsional
Ditujukan untuk mempertahankan kontribusi departemen pada tingkat yang sesuai dengan kebutuhan organisasi. Sumber daya manusia menjadi tidak berharga jika manajemen sumber daya manusia memiliki kriteria yang lebih rendah dari tingkat kebutuhan organisasi.
3. Tujuan Sosial
Ditujukan untuk secara etis dan sosial merespon terhadap kebutuhan-kebutuhan dan tantangan-tantangan masyarakat melalui tindakan meminimasi dampak negatif terhadap organisasi. Kegagalan organisasi dalam menggunakan sumber dayanya bagi keuntungan masyarakat dapat menyebabkan hambatan-hambatan.
4. Tujuan Personal
Ditujukan untuk membantu karyawan dalam pencapaian tujuannya, minimal tujuan-tujuan yang dapat mempertinggi kontribusi individual terhadap organisasi. Tujuan personal karyawan harus dipertimbangkan jika parakaryawan harus dipertahankan, dipensiunkan, atau dimotivasi. Jika tujuan personal tidak dipertimbangkan, kinerja dan kepuasan karyawan dapat menurun dan karyawan dapat meninggalkan organisasi.

C.     FUNGSI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

·         Fungsi Manajerial
  1. Perencanaan (Planning)
  2. Pengorganisasian (Organizing)
  3. Pengarahan (Directing)
  4. Pengendalian (Controlling)
·         Fungsi Operasional
  1. Pengadaan Tenaga Kerja atau Pengadaan Sumber Daya Manusia (recruitment)
  2. Pengembangan (development)
  3. Kompensasi (compensation)
  4. Pengintegrasian (integration)
  5. Pemeliharaan (maintenance)
  6. Pemutusan Hubungan Tenaga Kerja (separation)
D.    PENGEMBANGAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

a)      Pengertian
Pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia) adalah kerangka kerja untuk membantu karyawan mengembangkan keterampilan, pengetahuan, dan kemampuan pribadi dan organisasi.
b)      Konsep
Konsep pengembangan sdm pertama kali diperkenalkan oleh Leonard Nadler pada tahun 1969 dalam sebuah konferensi di AS. “Dia mendefinisikan HRD sebagai pengalaman belajar yang diatur, untuk waktu tertentu, dan dirancang untuk membawa kemungkinan perubahan perilaku”.
c)      Perbedaan pengembangan Sumber Daya Manusia dengan Manajemen Sumber Daya Manusia
Keduanya merupakan konsep manajemen yang sangat penting khususnya terkait dengan sumber daya manusia organisasi.
Manajemen sumber daya manusia dan pengembangan sumber daya manusia dapat dibedakan atas dasar berikut:
a)      Manajemen sumber daya manusia berorientasi pada pemeliharaan sedangkan pengembangan sumber daya manusia berorientasi pada pengembangan.
b)      struktur rganisasi dalam hal manajemen sumber daya manusia adalah independen sedangkan pengembangan sumber daya manusia menciptakan struktur, yang saling bergantung dan saling terkait.
c)      Manajemen sumber daya manusia bertujuan untuk meningkatkan efisiensi karyawan sedangkan bertujuan untuk pengembangan karyawan serta organisasi secara keseluruhan.
d)     Tanggung jawab pengembangan sumber daya manusia diberikan kepada personel / departemen manajemen sumber daya manusia dan khusus untuk manajer personalia sedangkan tanggung jawab HRD diberikan kepada semua manajer di berbagai tingkatan organisasi.
e)       Manajemen sumber daya manusia memotivasi karyawan dengan memberikan mereka insentif atau penghargaan moneter sedangkan pengembangan sumber daya manusia menekankan pada memotivasi orang dengan memuaskan kebutuhan tingkat tinggi.
d)     Tujuan pengembangan Sumber Daya Manusia
·         Meningkatkan kemampuan masing masing individu
·         Meningkatkan kemampuan individu dalam hal mencakup tugas dan tanggung jawab
·         Meningkatkan  Kemampuan masing masing individu dimasa mendatang.
·         Meningkatkan kekompakkan dan kerja sama tim (organisasi)
·         Meningkatkan Kolaborasi antar unit organisasi yang berbeda.
·         meningkatkan kesehatan organisasi dan kemampuan memperbaharui diri yang, pada gilirannya, meningkatkan kemampuan yang memungkinkan individu, tim, dan seluruh organisasi.
e)      Manfaat pengembangan Sumber Daya Manusia
Pengembangan sumber daya manusia saat ini dianggap sebagai kunci produktivitas yang lebih tinggi, hubungan yang lebih baik, dan keuntungan yang lebih besar untuk organisasi mana pun. HRD yang sesuai memberikan manfaat tanpa batas kepada organisasi terkait.
·         Melalui Pengembangan Sumber Daya Manusia membuat orang lebih kompeten. Pengembangan SDM dapat mengembangkan keterampilan, pengetahuan, dan sikap baru orang-orang di organisasi terkait.
·         Dengan program pengembangan SDM yang tepat, orang menjadi lebih berkomitmen untuk pekerjaan mereka. Orang dinilai berdasarkan kinerja mereka dengan memiliki sistem penilaian kinerja yang dapat diterima.
·         Lingkungan kepercayaan dan rasa hormat dapat diciptakan dengan bantuan pengembangan sumber daya manusia.
·         Penerimaan terhadap perubahan dapat dibuat dengan bantuan HRD. Karyawan mendapati diri mereka lebih dilengkapi dengan kemampuan memecahkan masalah.
·         Ini meningkatkan pertumbuhan karyawan secara keseluruhan. HRD juga meningkatkan semangat tim dalam organisasi. Mereka menjadi lebih terbuka dalam perilaku mereka. Dengan demikian, nilai-nilai baru dapat dihasilkan.
·         melalui pengambangan SDM juga membantu menciptakan budaya efisiensi dalam organisasi. Ini mengarah pada efektivitas organisasi yang lebih besar. Sumber daya dimanfaatkan dengan baik dan tujuan dicapai dengan cara yang lebih baik.
·         Membantu untuk mengumpulkan data yang berguna dan objektif tentang program dan kebijakan karyawan yang selanjutnya memfasilitasi perencanaan sumber daya manusia yang lebih baik.
·         Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa HRD memberikan banyak manfaat di setiap organisasi. Jadi, pentingnya konsep HRD harus diakui dan diberi tempat keunggulan, untuk menghadapi tantangan sekarang dan masa depan dalam organisasi.
E.     Masalah Manajemen Sumber Daya Manusia

MSDM sebagai suatu sistem bisa menimbulkan masalah ketika hubungan satu fungsi dengan fungsi lainnya tidak berinterkasu secara sinergis.Bahasan mengenai MSDM meliputi beberapa hal terkait dengan sumber daya manusia. Mulai dari pengadaaan, pengembangan, pemeliharaan, sampai dengan pemberhentian karyawan.

Dari bahasan tersebut dalam kenyataannya mengalami beberapa masalah. Masalah tersebut seara tahapnya dapat di rinci.

·         pengadaan
·         seleksi
·         analisis kebutuhan
·         kriteria karyawan
·         pengembangan
·         pendidikan dan pelatihan 
·         biaya
·         pemeliharaan
·         kompensasi
·         pesangon
·         pemberhentian 
·         phk
·         kompensasi

Permasalahan bisa di sebebkan oleh beberpa hal:
1.      dukungan manajeman puncak dalam bentuk pengarahan dan gagasan-gagasan yang kurang diberikan kepada staffnya.
2.      mutu tahapan proses dan tersedianya data dan informasi yang cukup.
3.      sistem informasi manajemen tidak berfungsi optimum.
4.      tujuan dari MSDM dan fungsinya kurang spesifik, terukur, relevan.
5.      ada kesan pelaksanaan fungsi-fungsi MSDM berjalan dengan asumsi tanpa adanya gangguan apapun.
F.      TANTANGAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

·         Tantangan Lingkungan
Merupakan kekuatan eksternal yang dihadapi oleh sebuah perusahaan. Hal ini dikatakan mempengaruhi kinerja organisasi dikarenakan manajer sebuah perusahaan tidak bisamengontrol terhadap pengaruh eksternal. Oleh karena itu, perlu dilakukan strategi dalam rangka mengontrol dan mengelola faktor tersebut sebagai peluang ataupun ancaman bagi perusahaan. Salah satu cara yang paling umum dan efektif dalam memonitor lingkungan tersebut adalah dengan cermat membaca tekanan bisnis.
·         Tantangan Organisasi
Merupakan tantangan internal yang terkonsenrasi dalam internal perusahaan. Seorang menejer yang efektif dan profesional proaktif dan tidak reaktif menyelesaikan persoalan internal organisasi terlebih dahulu sebelum masalah tersebut menjadi persoalan yang besar bagi perusahaan. Hal ini hanya bisa dilakukan oleh manager yang sangat paham terhadap masalah sumber daya manusia dan tantangan organisasi. Ada beberapa pembahasan dalam tantangan organisasi ini diantaranya; posisi kompetitif, desentralisasi, downsizing (perampingan), restrukturisasi organisasi,  sellf-managed work team (tim kerja swakelola), pertumbuhan bisnis kecil, budaya organisasi, teknologi, kemanan data, dan masalah outsourcing.
·         Tantangan Individu
Persoalan sumber daya manusia pada tingkatan individu mengarah pada keputusan yang berhubungan dengan karyawan secara spesifik. Tantangan individu ini biasanya mempresentasikan apa yang sedang terjadi pada organisasi yang besar seprti pengaruh teknologi terhadap produksi karyawan.
Menurut D. Ulrich dalam Human Resource Champion: Next Agenda for Adding Value and Delivering Result (1997) tantangan sumber daya manusia terdiri dari faktor internal dan eksternal sebagaimana berikut:
·         Faktor Eksternal:
ü  Perubahan lingkungan bisnis yang cepat
ü  Globalisasi 
ü  Peraturan pemerintah
ü  Kekurangan tenaga kerja yang terampil
·         Faktor Internal:
ü  Posisi organisasi dalam bisnis yang kompetitif
ü  Fleksibilitas 
ü  Pengurangan tenaga kerja 
ü  Tantangan rekstrukturisasi
ü  Bisnis kecil
ü  Budaya organisasi
ü  Teknologi
ü  Serikat pekerja 












id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_sumber_daya_manusia

Komentar

Postingan Populer